Portal Endekab

PEMKAB ENDE

Silaturahmi Pemerintah Kabupaten Ende dengan Tim Pemantauan Bersama Program Inovasi

Malam Silaturahmi Pemkab Ende dan Tim Pemantau Bersama Program Inovasi

Ende – Sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah serta berbagai pemangku kepentingan pendidikan, gencar berkolaborasi meningkatkan mutu pembelajaran di Indonesia. Pemerintah pusat telah menetapkan sejumlah program prioritas Nasional, salah satunya Kurikulum Merdeka.

Tujuan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) adalah mendorong terjadinya transformasi pembelajaran. Setelah kurang lebih tiga tahun diterapkan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan Kementerian Agama (Kemenag) bersama Tim Program Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia (INOVASI) melakukan kunjungan pemantauan terhadap proses transformasi pembelajaran di Kabupaten Ende, Kamis 09 Februari 2023.

Program INOVASI sendiri merupakan program kemitraan antara pemerintah Indonesia dan Australia yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan hasil belajar siswa di tingkat pendidikan dasar.

Bupati Ende yang diwakilkan oleh Asisten Setda Bidang Pemerintahan dan KESRA Kabuapten Ende, Dahlan, S. Ip, mengatakan transformasi pembelajaran, dalam hal ini Kurikulum Merdeka yang diusung pemerintah pusat selaras dengan program Pemkab Ende.

Disebutkannya, Pemerintah Kabupaten Ende menerapkan IKM sesuai dengan karakter Kabupaten Ende yang berbudaya dan beretika.

“karakter anak patut di bentuk sejak dini, diharapkan dengan Kurikulum Merdeka ini anak bukan saja cakap secara akademis, namun karakterpun dibentuk dengan baik.” Ujarnya.

Kunjungan yang dirangkai dengan gala dinner di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ende dan pertunjukkan pameran project IKM serta Pentas seni budaya oleh beberapa sekolah Penggerak, baik ditingkat SD, maupun di tingkat menengah pertama.

(Yyn/KmfND)

Share:

Facebook
WhatsApp
Telegram
Twitter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *